Pengertian Bisnis
Pengertian Bisnis
Bisnis
dalam pengertiannya adalah usaha atau perusahaan yang dimana si pelakunya ingin
mendapat keuntungan seraca ekonomi. Bisnis lebih ditekankan kepada pelaku jual
beli baik secara tunai maupun kredit, dengan strategi bisnis kita bisa
melakukan riset pasar, meramal sebuah perusahaan atau lembaga bisnis lainya
apakah akan mengalami kemajuan atau kemunduran (Dinamis) sesuai siklus ekonomi
pasar.
Faktor Perubahan Ekonomi
Yang
menjadi faktor perubahan ekonomi yaitu akibat :
- adanya era Globalisasi Pasar (Pasar Bebas)
- adanya era Teknologi (Informasi)
Pengertian
Globalisasi Pasar (Pasar Bebas) adalah dimana adanya kegiatan bisnis yang tidak
mengenal batas wilayah, dampaknya ialah yang terkuatlah yang bertahan dan yang
paling memiliki marketable value.
Pengertian
Teknologi (Informasi) adalah dimana adanya kegiatan bisnis tidak dilakukan
secara langsung melainkan melalui media Informasi (IT) yaitu melalui iklan dan
situs online. Sebagai contoh kita sering menjumpai situs-situs iklan maupun
jual beli di internet, itu menandakan si pelaku bisnis sudah tidak perlu
memiliki subuah toko atau galery yang cukup besar dan mewah karena sudah
tergantikan dengan media online.
Ada juga
yang mempunyai toko atau galery yang besar dan mewah tapi masih tetap
menggunakan media informasi, tujuannya adalah untuk menarik lebih banyak
pengujung atau konsumen untuk membeli produknya, karena di era seperti ini
semua kegiatan bisnis tidak bisa lepas dari media informasi salah satunya ialah
teknologi informasi.
Kesimpulan :
Pelaku
bisnis tidak boleh ketinggalan dalam hal teknologi untuk memasarkan produknya,
maka dari itu sekarang sarana teknologi informasi semakin mudah untuk kita
dapatkan dengan harga yang relatif terjangkau.
Kita bisa
beriklan dengan biaya yang murah dengan cara membagikan selebaran di setiap
stopan jalan (traffic light) maupun di tempat-tempat wisata atau belanja yang
banyak dikunjungi orang.
Kita bisa
beriklan bahkan langsung memasarkan produk yaitu melalui media internet, contoh
: melalui domain web, facebook, twitter, blog, dll.
Penomena Dampak Perubahan
Penomena
dampak perubahan adalah :
1.
Kekuasaan beralih ke konsumen;
Akibat dari
penomena ini produsen dituntut untuk lebih jeli dalam menentukan jenis atau
model yang akan diproduksinya yaitu dengan cara melakukan riset pasar,
korespondensi dan promosi quiz di tempat-tempat strategis (biasanya di mall)
guna mendapatkan informasi mengenai produknya.
2. Skala produksi besar tidak harus dilakukan;
Dengan
banyaknya produk serupa, maka produksi skala besar tidak mungkin dilakukan
sehingga harus mencari cara agar produksinya bisa besar dan konsumen merasa
puas yaitu dengan cara menjaga kualitas barang/produk yang baik, pesanan
layanan antar (delivery service) dengan penawaran harga terjangkau/bersaing
serta cara-cara lain yang dimaksudkan untuk menarik minat konsumen.
3. Batasan wilayah negara bukan lagi kendala;
Saat ini
dinegara kita telah banyak aktifitas bisnis dari berbagai kalangan lintas
negara, mereka berasal dari Cina, Malaysia, Singapura dll.
4. Teknologi cepat ditiru;
Saat ini
teknologi begitu cepat untuk ditiru, contoh yang paling dominan adalah
handphone/gadget dengan harga jual yang jauh lebih murah dari model pertama
yang dikeluarkan oleh produsen besar.
5. Setiap saat muncul pesaing;
Secara
tidak disadari dari hasil tiruan tersebut, pesaing-pesaing semakin banyak dan
kalau tidak ditangani dengan cermat para produsen pelopor akan kalah bersaing.
6. Meningkatnya sensitivitas pada konsumen.
Diakibatkan
dari kejadian diatas, otomatis akan menimbulkan berbagai pertimbangan bagi
kalangan konsumen, mereka tentunya akan lebih selektif terhadap suatu produk
atau barang yang akan mereka beli.
Pertanyaan
:
Apakah
negara kita perlu mengikuti era pasar bebas?
Apa
tujuannya?
Apa
keuntungan yang diperoleh?
Apa
kerugian yang diperoleh?
Sebagai
contoh negara yang tidak mengikuti pasar bebas adalah cina, mereka membatasi
masuknya barang-barang dari negara lain (misal Indonesia), sedangkan di negara
kita produk dari cina begitu melimpah dengan harga mengalahkan produksi dalam
negeri.
Dampak Bagi Perusahaan
Apa
dampaknya bagi perusahaan/produsen bila hal-hal demikian terjadi?
1. Perlu
manganalisis pasar;
2.
Mengenali peluang pasar;
3.
Merumuskan strategi pemasaran;
4.
Mengembangkan taknik;
5.
Menyusun anggaran
Semuanya
untuk memenuhi harapan konsumen.
Ilmu Ekonomi
Definisi
: Ilmu Ekonomi adalah ilmu yang mempelajari aktivitas manusia dalam memenuhi
kebutuhannya.
Fokus
utama : hubungan keinginan manusia dengan faktor-faktor produksi.
1. Faktor-Faktor Produksi
Faktor-faktor
produksi adalah :
1. Sumber
daya alam (SDA);
2. Sumber
daya manusia (SDM);
3. Model
4.
Kewirausahaan
2. Tujuan Ekonomi
Tujuan
ekonomi adalah bagaimana menggunakan faktor-faktor produksi atau pendapatan
tertentu agar memberikan kepuasan dan kemakmuran maksimal kepada individu dan
masyarakat.
3. Persoalan Ekonomi
Ada
beberapa persoalan yang mesti dicari pemecahan persoalannya, yaitu :
1. Barang
dan jasa apa yang seharusnya dibuat (what);
2.
Bagaimana memproduksi barang dan jasa tersebut (how); dan
3. Untuk
siapa barang dan jasa tersebut diproduksi (for whom).
Ciri-Ciri Perusahaan
Subuah
perusahaan harus memperhatikan hal berikut :
1.
Operatif = Perusahaan harus selalu ada kegiatan
2.
Koordinatif = harus bekerjasama satu sama lainnya
3.
Reguler = ada peraturan yang harus ditaati
4.
Dinamis = Selalu ada ada kemajuan
5. Formal
= selalu berbentuk organisasi
6. Lokasi
= tempat perusahaan berada
7.
Pelayanan bersyarat = membedakan sesuai kapasitas konsumen seperti pada tiket
ada kelas ekonomi ada kelas VIP dll.
Tujuan Perusahaan
Ada dua
hal tujuan perusahaan, yaitu :
1. Tujuan
Ekonomis
2. Tujuan
Sosial
Tanggung Jawab Sosial Perusahaan
- Kepada pemilik modal/investor
- Kepada lembaga penelitian
- Kepada pekerja/karyawan
- Kepada konsumen
- Kepada Distributor
- Kepada masyarakat
- Kepada pemasok
- Kepada pesaing
Lingkungan Perusahaan
- Lingkungan Eksternal
- Lingkungan Internal
Lingkungan Eksternal Makro
- Alam
- Politik
- Hukum
- Ekonomi
- Teknologi
- Sosial dan Budaya
- Demografi
- Hubungan Internasional
Lingkungan Eksternal Mikro
- Pemasok
- Perantara
- Teknologi
- Pasar
Lingkungan Internal
- Tenaga Kerja
- Peralatan dan Mesin
- Permodalan
- Bahan Mentah
- Sistem informasi dan administrasi
Fungsi-Fungsi Perusahaan (1)
- Fungsi Operasi
- Pembelian dan produksi
- Pemasaran
- Keuangan
- Personalia
- Akuntansi
- Teknologi informasi
- Hukum dan humas
- Fungsi Manajemen
- Planning
- Organizing
- Actuating
- Controling
Kesimpulan
- Orientasi ekonomi adalah memenuhi kebutuhan manusia.
- Masalah ekonomi adalah bagaimana memenuhi keinginan manusia yang tidak terbatas dengan faktor produksi yang terbatas.
- Namun dengan keinginan
manusia yang tidak terbatas roda ekonomi tetap berputar.
Sumber : http://daniarkomputer4.blogspot.com/2015/03/pengertian-bisnis.html#more
Dokumen dalam bentuk word ( Download )
Tidak ada komentar:
Posting Komentar