Jumat, 20 Januari 2017

PERJALANAN PANJANG MENJADI PEGAWAI PLN (Part 1)

Assalamualaikum kawan-kawan.

Blog-nya usang karna jarang banget posting hihihi dikarenakan kemarin-kemarin lagi jadi jobseeker, jadi waktunya habis untuk cari lowongan dan ke jobfair:’D
Alhamdulillah sekarang aku mau share pengalaman perjalanan panjang selama tes penerimaan pegawai di PT PLN (Persero). Sebelum tes di PLN, sebenernya aku udah pernah beberapa kali tes kerja di perusahaan dan instansi lain tapi gagal terus huhu (emang belum rejeki kayanya)

 Aku pertama apply lamaran ke PT PLN pas ada jobfair di Polban, waktu itu ada banyak lowongan yang dibuka sama PT PLN, mulai jenjang D3 sampai S2 berbagai jurusan. Kebetulan ada jurusanku dilowongan manajemen jadi aku masukin lamaran deh, yang penting usaha dulu kan hehehe. Fyi, waktu di jobfair antriannya sesuatu sekaliiiiiii. Saking banyaknya yang mau masukin lamaran ke PLN, antriannya sampe keluar ruangan huhuhu sungguh perjuangan sekali ya buat cari kerja. Btw, tes di PT PLN ada beberapa tahap, dari mulai seleksi administrasi, tes akding, tes fisik, tes adaptif, psikotes, tes lab dan terakhir tes wawancara. Biar gak bertele-tele, mending aku jelasin sekarang ya, cekidott



1.       Seleksi administrasi
Sebenernya seleksi administrasi bukan dalam bentuk tes, cuman harus sangat diperhatikan setiap persyaratan yang harus dilampirkan. Seperti fotokopi ijasah pendidikan terakhir, fotokopi transkip nilai, fotokopi akta kelahiran yang sudah dilegalisir, sama satu lagi apa ya aku lupa banget huhu maapkanL
Karena kalau ada satu dokumen aja yang kurang, maka otomatis akan gugur. Waktu itupun aku belum pake ijasah sama transkip nilai karena baru wisuda juga, jadi aku pake surat keterangan lulus (SKL) sama kartu prestasi akademik (KPA), untungnya kata mbak PLN-nya boleh asalkan udah sidang. Abis nyerahin dokumen persyaratan dan dinyatakan lengkap, nanti kita dikasih stiker yang isinya ada pausname sama password buat log in di website jobfair yang bersangkutan, nanti kita lengkapin persyaratan via online. Saran dari aku, pulang dari jobfair langsung buka dan beresin segala urusan administrasinya, karena kita hanya dikasih waktu untuk upload dokumen-dokumen tersebut sampai pelaksanaan jobfair selesai, takutnya kan kita lupa atau ada trouble saat submit nanti, kita masih ada waktu untuk kirim dokumennya via pos sebelum tenggat waktunya habis. Okedeh, tahap 1 done!

2.       Tes Akding (Akademik dan Bahasa Inggris)
Setelah menunggu sekitar 2 mingguan, akhirnya pengumuman seleksi administrasi muncul jugaaaa (walaupun waktu itu aku malah taunya dari temen hihi). Hopeless banget sebenernya, gak terlalu ngarepin (karna waktu itu jarak waktu pengumumannya lama keburu pesimis), tapi Alhamdulillah ada namaku dari sekitar dua ribu lebih peserta yang lolos. Tes pertama yaitu tes akademik dan bahasa inggris, meliputi tes akademik sesuai jurusan yang dilamar sama bahasa inggris. Oiya waktu pengumuman lolos seleksi administrasi, kita disuruh print kartu peserta, nantinya kartu peserta itu buat syarat kita bisa ikutan tes. Tiap tes nanti bakalan di cap, tanda kita mengikuti tes tersebut.
Beruntung setelah pengumuman menuju tes pertama  ada waktu beberapa hari untuk persiapan, so aku bongkar-bongkar buku jaman kuliah, baca buku yang berkaitan sama manajemen, dan yang paling nyita waktu adalah belajar bahasa inggris, karena aku pikir tes bahasa inggrisnya bakalan susah banget kayak pas sbmptn -_-
Hari tes pun tiba..
Waktu itu aku kebagian tes jam 10 di Bandung Convention Center, lumayan jauh sih dari rumah. Cuma karna tes nya siang, jadi agak santai bisa sarapan dulu. Sekitar jam 9 aku sampai di BCC, terus jam setengah 10 kita disuruh baris buat registrasi dulu. Kita nanti disuruh liatin ktp asli sama kartu peserta, terus di cap deh hehehe. Jam 10 lebih kita baru masuk ke ruangan, kita duduk menurut jurusan masing-masing; jadi gak boleh asal duduk karena biar gampang bagiin soal akademik menurut jurusan masing-masing. Kita dekasih penjelasan dulu,peraturannya kayak sbmptn gitu, kalau jawabannya benar +4, salah -1, dan tidak diisi 0. Waktu pengerjaannya 1 jam. Jumlah soalnya ada 100 soal, 50 soal akademik 50 soal bahasa inggris.
Dimulai lah tes nya, dan jengjengjeng, soal manajemennya sesuatuuu. Yang aku pelajari cuma keluar beberapa, jadi sisanya aku itung kancing dan aku kosongin L tapi untungnya soal bahasa inggrisnya malah gampang, dan aku lebih optimis ngerjain soal bahasa inggris hehe (karena sebelumnya aku belajar bhs. Inggris pake soal bekas sbmptn yg tingkat kesulitannya lebih kali ya). Finally, 1 jam pun gak kerasa. Beres deh tinggal pulang dan nunggu hasilnya hehe
Saranku, persiapkan diri semaksimal mungkin. Banyak baca buku yang berkaitan dengan jurusan kita, latihan ngitung dan ngotret (karena aku yang manajemen pun banyak itungannya, apalagi yang teknik huhu), dan kalo sekiranya soalnya gak bisa dikerjain sama sekali, mending dilewat aja. Daripada kita berkutat disatu soal yang belom tentu bener, eh waktu abis juga-_- pokoknya bijak dalam penggunaan waktu deh.

3.       Tes Fisik
Setelah nunggu beberapa hari, keluar jugaaa pengumumannya dan lagi-lagi aku dikasih tau temenku kalo kita lolos ke tahap selanjutnya, yippi!!!!
Pertama aku kira tes fisiknya kaya kita di tes lari sambil diwaktu, ternyata bukan hehe
Tes fisik yang dimaksud yaitu tes medical check up. Kita kebagian tes di RS Melinda di jalan Pajajaran. Sebelum tes, kita disuruh print form pengecekan gitulah, nanti kita isi sama rekam medis kita, kita punya penyakit apa, pernah kecelakaan berat atau engga, dsb. Terus diakhir form kita harus tandatangan, pake materai loh karena ngisinya harus jujur dan bisa dipertanggungjawabkan.
Aku sampe disana sekitar setengah 10, karna di jadwal kebagian jam 10. Sampe disana aku langsung ikut barisan di lobi rs buat registrasi, abis registrasi disuruh ke lantai 2 deh, antri buat diperiksa. Dannnn setelah nunggu berjam-jam akhirnya aku diperiksa sekitar jam setengah 3an. Pertama kita dicek tekanan darah, berat badan sama tinggi badan. Abis itu di tes mata, tes buta warna, dan terakhir tes fisik. Nanti diruangan kita disuruh buka baju plus dalemannya (sory agak vulgar), disitu dicek mata, tenggorokan, di cek payudara (buat cewek), dan terakhir tes ambeien yang sampe saat ini sukses bikin aku trauma huhu untung dokternya cewekL
Beres deh, saatnya pulanggg………..
Sebenernya buat tes ini gak perlu persiapan khusus, soalnya ini tergantung fisik kitanya sih. Saran dari aku banyak berdoa ajaJ

Penasaran tes selanjutnya kayak apa ? Next post yaa, see you!

Tidak ada komentar:

Posting Komentar